Reparasi Firmware Sony Xperia X10 Mini Pro

Apabila device sudah di rooting, kita bisa berbuat apa saja terhadap sistem device, termasuk mengubah file sistem ataupun menghapus file sistem.

Mungkin ketika mengubah atau menghapus file sistem tadi ada kesalahan fatal yang mengakibatkan sistem tidak dapat loading atau bahkan mati total.


Dalam keadaan ini, Hard Reset tidak membantu memperbaiki device kita, satu-satu nya cara adalah dengan mereparasi atau melakukan update firmware deveice yang kita miliki.


Ada 2 cara melakukan reparasi atau update firmware :

1. Menggunakan PC Companion ver. 2.0
2. Menggunakan SEUS (Sony Ericsson Update Service)

Cara menggunakannya akan dibahas satu persatu.


Menggunakan PC Companion ver 2.0


1. Pastikan Anda menggunakan PC companion ver 2.0, bisa di download dsini http://www.sonyericsson.com/cws/support/softwaredownloads/detailed/pccompanion/xperiax10?cc=gb&lc=en

2. Lakukan backup data sebelumnya jika memungkinkan, karena seluruh file sistem akan dihapus (File yang terdapat di dalam SD Card tidak akan terhapus)

3. Pastikan handphone dalam keadaan mati (OFF) dan jangan dulu mengkoneksikan handphone dengan komputer.

4. Jalankan aplikasi PC Companion yang telah terinstal dan pilih menu "Support Zone"


5. Klik tombol Start pada Software Update


6. Kemudian pilih Repair pada popup pilihan


7. Pilih tipe handphone (dalam hal ini Xperia X10 Mini Pro) dan klik tombol next


8. PC Companion akan mendownload file yang dibutuhkan, dan kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah untuk mengkoneksikan handphone ke komputer.

Caranya adalah : Tahan tombol Back (paling kanan) dan koneksikan kabel USB ke handphone, handphone akan terdeteksi dan memulai reparasi.


9. Reparasi akan berlanjut, proses selanjutnya adalah menunggu sampai reparasi selesai.


Menggunakan SEUS (Sony Ericsson Update Service)

1. Download Aplikasi SEUS : http://www.sonyericsson.com/cws/support/softwaredownloads/detailed/updateservice/xperiax10?cc=gb&lc=en dan instal kan ke komputer.

2. Jangan koneksikan handphone sampai diperintahkan. Matikan handphone (OFF).

3. Jalankan aplikasi SEUS di komputer

4. Pilih handphone yang terdapat di dalam list (dalam hal ini Xperia X10 Mini Pro) dan dobel klik pada handphone yang dipilih.

5. Selanjutnya Anda akan diperintahkan untuk menekan dan menahan tombol Back (paling kanan) dan menghubungkan kabel USB sambil menahan tombol Back tersebut. Jika terkoneksi dengan benar, sebuah pesan akan muncul memerintahkan untuk melepaskan tombol Back yang ditahan tadi.

6. Sekarang handphone dapat diletakkan. Mungkin Anda akan mendapatkan pesan yang mengatakan bahwa handphone Anda sudah mendapatkan update terakhir (latest software), abaikan dan tetap lakukan instalasi, hal ini akan mereparasi firmware yang telah rusak.

7. Selanjutnya SUSE akan melakukan download file yang dibutuhkan dan Anda hanya menunggu sampai proses download dan instalasi selesai tergantung kecepatan koneksi yang Anda miliki.

8. Ketika proses instalasi selesai, tutup aplikasi SEUS dan putuskan koneksi handphone Anda dengan komputer.

9. Jangan langsung menghidupkan handphone dan biarkan selama lebih kurang 1 menit, baru kemudian hidupkan handphone.

Selamat Mencoba!!!



Sources :
(sidus.solutions)

(ag4751)

2 Responses to Reparasi Firmware Sony Xperia X10 Mini Pro

  1. tolong banget nih mimmi saya gak mau nyala2 :(
    belom pernah diroot. sebelumnya curiga batrenya bocor karena habis lebih cepat dari biasa (padahal biasanya udah cepet :|).
    terus tiba2 mati dan gak mau dicharge. kalau dicolok, lampu indicatornya cuma nyala sampai warna merah, habis itu mati total. sudah 3x dibawa ke service center sony ambasador 3x, waktu di sana waktu dicolok bisa terus. ganti batre baru pun begitu. tapi sampai di rumah, gak bisa lagi :(

    yang mau saya tanyakan, waktu saya mau coba update firmware seperti yang di atas, ditulis kalau sebelum update, batre harus sudah terisi min 50%. padahal sekarang kondisinya mati total, gak bisa dong?

  2. cara itu kok gak bisa ya gan? gimana ya cara nya?
    pernyataan ini benar "Mungkin Anda akan mendapatkan pesan yang mengatakan bahwa handphone Anda sudah mendapatkan update terakhir (latest software)". tapi kok yang ini gak bisa ya? " abaikan dan tetap lakukan instalasi, hal ini akan mereparasi firmware yang telah rusak."
    news

Leave a Response